Inilah Cara Kirim Buku Gratis Tiap Tanggal 17 via Kantor Pos

Kini, setiap bulan pada tanggal 17, semua masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas pengiriman buku gratis. Fasilitas gratis dari Pemerintah ini dikhususkan untuk pengiriman buku-buku ke perpustakaan-perpustakaan atau rumah baca – rumah baca yang berada di seluruh Indonesia. Tujuan dari fasilitas penggratisan biaya pengiriman melalui kantor pos ini adalah untuk meningkatkan budaya membaca di masyarakat kita.

Mau tahu cara dan ketentuan kirim buku gratis itu? Cekidot.

Cara pengiriman buku

  1. Buku-buku donasi dibungkus sebagai satu paket kiriman dengan rapi. Maksimal satu paket adalah 10kg. Jika lebih dari 10kg, maka petugas Kantor Pos akan meminta untuk membuka dan mengeluarkan kelebihannya. Pengirim tentunya diharuskan untuk membungkusnya kembali dan membawa kelebihannya.
  2. Pengirim boleh mendonasikan lebih dari satu paket @10 kg ke satu lokasi pengiriman. Disarankan sih untuk menyebarkan donasi ke lokasi pengiriman yang berbeda agar terjadi pemerataan buku. Tapi itu semua tergantung maksud dan tujuan pengirim sendiri.
  3. Paket kiriman diberi keterangan tujuan pengiriman secara jelas, disertai dengan nama dan nomor telepon pengirim – untuk jaga-jaga jika terjadi masalah dalam pengiriman.
  4. Paket kiriman diberi label #BERGERAK yang menandakan paket itu memanfaatkan fasilitas pengiriman gratis dari Pemerintah
  5. Tujuan pengiriman adalah Rumah Baca (Rumba) atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang terdaftar dalam Pustaka Bergerak. Untuk melihat daftar Rumba atau TBM yang tercatat, bisa mengunjungi tautan ini.

http://donasibuku.kemdikbud.go.id/tbm

IMG_20180319_131146
Mbak Petugas dan Mas Satpam serta Kantor Pos khas berwarna oranye cerah ini insya Allah nantinya akan menjadi akrab dengan kita-kita. Foto: Kantor Pos Serpong | Foto: Rifki Feriandi

Beberapa ketentuan dan informasi lain

  1. Semua lapisan masyarakat boleh memanfaatkan fasilitas pengiriman gratis ini tanpa terkecuali. Kalau di awal program ini yang berhak mengirimkan adalah pegiat literasi yang terdaftar, kini semua bisa melakukannya. Pengirim tidak perlu mendaftarkan terlebih dahulu. Pengirim tinggal langsung memanfaatkan fasilitas ini.
  2. Buku apapun boleh dikirim, tidak terbatas hanya buku pelajaran. Buku pengembangan diri, agama, biografi atau bahkan komik-komik yang baik serta majalah pun boleh dikirim. Tidak ada aturan mengenai jenis buku-buku yang dikirim. Namun seyogyanya, buku yang akan dikirimkan adalah buku-buku yang baik, layak baca dan menggairahkan masyarakat untuk membaca.
  3. Pengiriman hanya dilakukan pada tanggal 17 tiap bulannya. Jika tanggal 17 jatuh di akhir Minggu atau di Hari Besar (tanggal merah), maka pengiriman akan dilakukan di hari kerja berikutnya. Seperti contoh di bulan Maret 2018, tanggal 17 bertepatan dengan hari Raya Nyepi, sehingga pengiriman dipindah ke tanggal 19 Maret 2018, hari Senin.
  4. Pengiriman hanya dilakukan pada tanggal tersebut. Paket kiriman tidak bisa didaftarkan sebelum tanggal 17. Jadi, pengirim datang ke Kantor Pos pada tanggal 17. Paket lalu didata langsung hari itu.
  5. Pengiriman hanya bisa dilakukan di Kantor Pos, dan tidak bisa di Agen-agen Pos.

 

Mudah sekali kan.

Ayo. Bersihkan lemari buku Anda. Kumpulkan buku-buku atau majalah yang sudah tidak diperlukan lagi. Luangkan waktu untuk membungkusnya. Dan jadilah pribadi yang berguna dengan berdonasi buku langsung ke tujuan sesuai pilihan Anda.

Inilah saat tepat Anda menjadi relawan secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *