Pengurusan BPJSTK Ternyata Cepat dan Gampang

IMG20190201093553
Konter Pelayanan BPJSTKU Cilenggang, Tangerang Selatan | Foto: Rifki Feriandi

Sudah pensiun? Kena PHK? Butuh modal?  Mungkin jawaban terpendek adalah “Cairkan BPJS”?

Kalau itu yang muncul, mungkin timbul juga pertanyaan lanjutan. “Halah. Siap-siap berbelit-belit”.

Ya, itulah image yang muncul di benak saya – dan bisa jadi di benak banyak masyarakat. Khas pengurusan seperti ini adalah lama, antri, berbelit-belit, dipingpong. Dan itu juga kekhawatiran saya ketika bermaksud mengurusnya.

Namun, saya SALAH. Pengurusan pencairan BPJSTK itu gampang. Dan saya menjadi saksi karena mengalaminya. Mau bukti? Yo, ikuti perjalanan klaim saya kemaren.

Inilah langkah-langkah yang dilakukan.

Proses e-klaim

Screenshot_2019-02-04-14-44-05-90
Aplikasi BPJSTKU dari Android | Foto: Screenshot
  1. Download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTKU) di telepon genggam anda. Login kalau sudah memiliki akun. Atau daftar baru yang belum punya akun.
  2. Sudut kanan atas, pilih e-KLAIM
  3. Pilih nomor kartu yang mau diklaim serta keperluan dan jenis klaim (pensiun, mengundurkan diri atau PHK)
  4. Lalu muncul dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan
    1. Kartu BPJSTK
    2. KTP atau kartu identitas lainnya
    3. Kartu Keluarga
    4. Rekening Tabungan
    5. Surat referensi dari perusahaan tempat terakhir kerja
  5. Lampirkan semua dokumen yang dibutuhkan secara online.
  6. Terdapat pilihan Kantor BPJSTKU yang dituju. Silakan pilih yang terdekat dengan domisili.
  7. Dalam 2×24 jam biasanya ada pemberitahuan lewat email apakah klaim kita disetujui atau tidak. Saya mendapatkan informasi kurang dari 24 jam setelah mengirimkan aplikasi
IMG20190201093643
Informasi Proses | Foto: RIfki Feriandi

Jika dalam proses klaim ini menemukan kendala atau belum memenuhi persyaratan, mungkin apa yang saya alami bisa dipetik hikmahnya:

  1. Lampirkan dokumen dengan kualitas gambar yang lebih baik. Dokumen-dokumen yang saya lampirkan pertama hanya dalam bentuk foto. Meski hasilnya bagus, mungkin tidak memenuhi persyaratan. Jadi, sangat disarankan mengirimkan dokumen yang di-scan.
  2. Ada persyaratan besarnya file dokumen. Tidak boleh lebih dari 2MB atau kurang dari 100KB
  3. Pastikan Nama Pemilik Rekening tabungan harus sama dengan nama pemohon. Jika kesulitan memasukan data rekening yang benar, silakan sabar dan coba lagi.
  4. Jika aplikasi di BPJSTKU ambat, silakan coba alternative melalui website sso.bpjsketenagakerjaango.id dan ikuti langkah yang sama

Semua proses e-klaim itu dilakukan sendiri dari hape atau computer sendiri. Jadi tidak perlu datang ke Kantor BPJSTKU. Hal ini sangat mengirit waktu dan tenaga.

Jika semua lancar, maka kita akan mendapatkan pemberitahuan lewat email bahwa klaim kita disetujui. Kita diminta untuk segera menghadap ke kantor BPJSTKU yang dipilih dalam waktu tidak lebih dari 1×7 hari. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen-dokumen dalam bentuk asli dan fotokopi. Dan lengkapi juga dengan materai Rp. 6000.

Proses di Kantor BPJSTKU

IMG20190131090136
Penulis di depan Kantor BPJSTK Cilenggang, Tangerang Selatan

Awalnya agak gugup datang ke Kantor BPJSTKU Tangerang Selatan. Hampir setahun lewat, saya pernah datang ke sini. Cuman mau sekedar bertanya. Tapi, saat itu kondisi kantor rame sekali. Tapi, ternyata saya justru menghadapi kenyataaan berbeda. Kantor yang sama itu terasa lengang, bersih, rapi dan wangi. Di satu sudut tersedia berbagai permainan anak. Di sebelah kanan ada konter khusus untuk mengisi formulir, lengkap dengan bolpennya. Di bagian tengah terdapat banyak kursi. Dan konter staff nya berbentuk meja kursi seperti Customer Service di Bank-bank.

IMG20190201093935
Satpam yang ramah, ruangan bersih dan tempat duduk nyaman | Foto: Rifki Feriandi

Sewaktu datang, saya disapa ramah oleh Pak Satpam. Ada dua orang Satpam saat itu. Beliau menanyakan maksud kedatangan saya. Dia lalu meminta saya menunjukkan email yang menyatakan bahwa e-klaim nya sudah disetujui. Setelah itu, saya diberi formulir untuk diisi. Dia juga menunjukkan bagian-bagian mana saja yang perlu diisi dan ditandatangani. Saya lalu mengisinya, dan merapikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar saat bertemu dengan petugasnya lancar.

IMG20190201093559
Ada tempat bermain anak juga loh | Foto: Rifki Feriandi

Setelah selesai, saya diberikan nomor antrian. Beruntung, saat itu tanggal 31 Januari, antrian sama sekali tidak terjadi. Jadi saya bisa langsung bertemu dan diterima petugas. Mbak Sherly. Dengan ramah dia menerima berkas-berkas dokumen dan melakukan pengecekan. Karena dokumen sudah melewati proses e-klaim, maka proses di Mbak Sherly pun berjalan cepat. Namun….ternyata dokumen saya ada yang salah. Ada kesalahan dalam surat referensi dari perusahaan tempat bekerja, berupa tahun terakhir bekerja. Deg-degan deh. Harus mengulang dari awal, kayaknya.

Eh. Ternyata, tidak saudara.

IMG20190201094324
Mbak Sherly yang ramah dan sangat membantu | Foto: Rifki Feriandi

Mbak Sherly meneruskan proses. Jadi tidak perlu mengulang. Saya diminta membawa surat yang benar dari perusahaan saja. Mbak Sherly lalu mengirimkan surat email konfirmasi ke bagian HRD Perusahaan tempat saya bekerja, diserta foto diri yang direkam di tempat. Email ini juga sebagai konfirmasi bahwa saya pemegang kartu BPJS yang benar, karena saya tidak membawa kartu BPJS asli, melainkan kartu yang diprint dan dilaminating sendiri. Setelah itu, semua dokumen yang sudah lengkap itu diberikan ke saya, untuk dilampiri surat referensi yang sudah diperbaiki, dan dikembalikan ke dia jika sudah selesai dan tidak perlu melewati antrian. Proses hari ini berjalan cepat. Ditaksir kurang dari setengah jam.

Besoknya, saya antarkan lagi dokumen yang benar itu, dan langsung diserahkan ke Mbak Sherly. Dokumen diterima, dan saya diberi tanda bukti proses sudah selesai. Tinggal menunggu dana tertransfer ke nomor rekening saya. Beliau menitip pesan jika dalam 7 hari dana belum sampai, saya diharapkan untuk mengubunginya di nomor kantor yang dia berikan.

Alhamdulillah…. Lancar banget.

Terus terang saya kagum dengan transformasi, keramahan dan kecepatan proses. Terlepas kontribusi dari sisi saya sendiri yang melakukan segala proses itu dengan tenang dan tidak terburu-buru, saya angkat topi dengan pelayanannya.

1 comment

  1. Rifki Feriandi

    Nuhun teh..iya info penting krn kadang persepsi jelek sdh membuat geumpeur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *