TRAC Astra: Pilihan Transportasi Liburan Akhir Tahun #adedanayah Kali Ini

Liburan tahun lalu bebas sebebas bebasnya ala #adedanayah | Foto: Rifki Feriandi

Liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Anak-anak sudah selesai mengikuti ujian akhir. Tinggal hitungan hari, pembagian rapot. Lalu, liburan deh kita. Liburan tahunan khas Si Ade dan Si Ayah: sepuasnya, secapeknya. Dua minggu. Destinasi kali ini Yogyakarta.

Yogyakarta dipilih dengan alasan sederhana. Ini tahun terakhir si Kakak kuliah di sana. Jadi, kenapa juga tidak puas-puasin eksplor kota gudeg itu. Lagian, menurut Sri Anindiati Nursastri, editor wisata Kompas.com dalam acara Blogger Gathering bersama Trac Astra di Eastern Opulance, Jakarta, tanggal 4 Desember 2018 lalu, Yogyakarta masih menjadi tujuan wisata utama di akhir tahun selain Bali dan Malang.

Blogger Gathering bersama TRAC | Foto: Rifki Feriandi

Rencanakan liburan dengan matang

Senada dengan apa yang disarankan Bu Sri bahwa kita harus merencanakan liburan dengan matang, maka kali ini si Ayah pun sudah jauh-jauh hari melakukannya.

1. Pilih tujuan wisata

Karena ini liburan panjang tahunan dengan gaya #adedanayah, dengan durasi panjang, maka si Ayah menentukan destinasi wisata tujuan dengan berdiskusi dengan si Ade, terutama dengan si Kakak. Keseruan liburan akhir tahun lalu di Malang menjadi modal perencanaan liburan ini. Rencana perjalanan pun disusun yang sangat terbantu dengan informasi dari gugel dan juga dari si Kakak yang cukup mengenal daerah itu.

2. Pilihan penginapan

Inti kesuksesan liburan ala #adedanayah di Malang tahun adalah pemilihan penginapan. Kita gabung antara backpackeran dan koperan. Dengan rencana yang matang, kita menginap di penginapan kelas backpackeran seharga seratus ribu atau kurang jika rencana perjalanan kita padat dan hanya mampir penginapan untuk tidur. Dan kita akan pindah ke penginapan lain yang lebih dekat dengan tujuan wisata selanjutnya. Dan di akhir liburan, ketika kita butuh santai di kamar atau berenang, baru kita pindah ke hotel berbintang. Jadi kita manfaatkan fasilitas penginapannya. Dan gaya menginap seperti itu menekan biaya cukup signifikan. Apalagi jika dilakukan pemesanan jauh-jauh hari.

3. Memilih Transportasi

Dua hal yang si Ayah pertimbangkan dalam perencanaan transportasi. Transportasi ke kota tujuan dan transportasi selama di kota tujuan menuju obyek wisata.

Untuk transportasi ke Yogyakarta, si Ayah harus secara matang mempertimbangkan tanggal pulang keberangkatan, disesuaikan dengan jadwal liburan si Ade yang baru kelas tiga SD dan aktivitas kuliah si Kakak yang sedang sibuk dengan skripsinya. Didiskusikan pula moda transportasinya, apa mau santai pakai kereta atau pesawat. Pertimbangkan juga faktor fisik, jangan sampai kena sakit kelelahan baik saat datang atau pulang. Dan tidak lupa si Ayah harus pintar-pintar mencari tanggal yang pas di mana harga tiket masih terjangkau.

Keseruan berfoto di acara Blogger Gathering bersama TRAC | Foto : Rifki Feriandi

Pilih transportasi nyaman

Menarik sekali menyimak pengalaman Febrian, travel blogger, dalam acara gathering itu. Sebagai travel blogger, dia yang sudah berwisata ke mana-mana memberikan banyak insight pilihan transportasi selama di kota tujuan. Kurang lebih itu juga yang si Ayah rencanakan. Menggabungkan moda roda dua, baik itu ojol atau sewa motor untuk wisata jarak dekat dan sewa mobil untuk jarak jauh. Moda angkutan umum sengaja dihindari dengan alasan efektifitas waktu.

Dan saat tiba di pemilihan rental mobil, mulailah dahi si Ayah berkerut. Syusyah gila nyari rental yang kita percayai itu. Betul sekali apa yang dipaparkan Bapak Agus Riyadi, Chief Operating Officer TRAC Astra, masalah umum mobil rental itu adalah ketidaknyamanan: mobil bau, tidak bagus, pengelola susah dihubungi, pengemudi yang tidak cocok. Si Ayah mengalaminya, mulai dari pengemudi yang sangat pelit dengan AC Mobil – sering dimatikan, mobil yang cukup beraroma tidak sedap, sulit mendapatkan mobil tanpa supir atau supir yang terlalu promo obyek wisata. Jadinya liburan yang inginnya nyaman jadi terganggu.

Di sesi dialog di acara Blogger Gathering itu, Febri juga menceritakan pengalamannya yang bagus dengan rent transportasi dari TRAC. Supir yang sopan dan pengalaman, berseragam, ‘kalo sendirian ngobrol saja sama supir Trac’. Nyaman. Mobil bersih. Gampang pilihan paket pake driver atau tidak. Dan bahkan, dia pun bisa pesen mobil ganjil atau genap disesuaikan hari untuk perjalanan di Jakarta.

Kenapa akhirnya si Ayah memilih TRAC?

Bak pepatah pucuk dicinta ulam tiba, si Ayah rasanya mendapat informasi yang tepat pada saat yang dibutuhkan. Terus terang, si Ayah masih gamang dengan pilihan transportasi selama liburan di Jogja nanti. Beberapa travel sudah dihubungi, dengan hasil harga sewanya melonjak tinggi. Yang biasanya 400ribu all-in, menjadi 600ribu bahkan ada yang menjadi dua kali lipat. Alasannya standar: peak season. Belum lagi susah banget dapatin yang lepas kunci.

Sebenarnya si Ayah sudah pesan lewat temannya teman si Kakak. Lepas kunci harga oke. Tapi ya masih ada ganjalan, karena belum tentu juga mobilnya bagus dan nyaman. Sudah gitu, masih masuk daftar tunggu lagi. Gak pasti.

Eh, Alhamdulillah ada undangan menghadiri acara itu. Paparan Pak Agus Riyadi bwtul-betul disimak.

  • Ada pilihan sewa lepas kunci (self drive)
  • Mobil nyaman, terawat dan bersih, maksimal berusia tiga tahun
  • Jaminan mobil pengganti jika terjadi masalah dan hal tidak diinginkan
  • Layanan darurat 24 jam nonstop
  • Jaminan asuransi, baik penumpang maupun mobil
  • Harga sewa yang ternyata bisa menjadi lebih murah karena banyak paket promo dan diskon
  • Pengembalian uang sewa penuh jika pembatalan dilakukan H-2

Si Ayah langsung tertarik mendengar dua hal, jaminan penggantian mobil dan asuransi. Dua hal yang penting yang kebanyakan tidak diprovide oleh penyedia jasa sewa lain. Kebayang kan kalo terjadi sesuatu pada mobil, sudah mah gak dapat penggantian lalu harus menanggung biaya. Liburan menjadi garing segaringgaringnya ituh.

Promo Tahun Baru dari TRAC | Foto : TRAC

Dan faktor terakhir tentang harga rental murah, si Ayah mendalami dengan berbicara dengan Kepala TRAC Divisi Jakarta. Ya, TRAC menyediakan promo yang sangat menguntungkan. Yaitu sewa 2 hari bonus 1 hari, sewa 4 hari bonus 2 hari, sewa 6 hari bonus 3 hari. Setelah dihitung-hitung, harga sewa per hari nya termyata lebih murah dari yang ditawarkan beberapa penyedia, termasuk temannya teman si Kakak. Padahal ini promo buat waktu liburan, atau peak season. Dan itu sudah termasuk asuransi dan jaminan penggantian mobil. Promo ini berlaku untuk pemesanan sebelum tanggal 15 Desember 2018.

Ya sudah. Peluang bagus. Si Ayah akhirnya disambungkan dengan petugas TRAC Jogja untuk memesan dua kali 2 hari bonus 1 hari. Petugas lalu mengecek ketersediaan mobil – si Ayah spesifik meminta mobil matic – lalu transaksi deh. Dan obrolan dengan mbak reservasi pun sangat membantu karena dia pun memberi beberapa advis tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Jadi… Hayoo coba pelajari dan teliti promo menguntungkan dari TRAC. Penyedia layanan sewa mobil dengan nama yang sudah menjadi jaminan. Astra. Eh, TRAC Astra Car Rent a Car juga menyediakan personal rental dan penyewaan bus loh.

Yok, manfaatkan keuntungan dalam membuat rencana perjalanan wisata yang tidak ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *