Liburan tanpa ibu

Namanya anak, kalo berada dekat sama ibu tuh pasti manja. Tidur pengen dibangunin. Susu pengen dibikinin. Beresin kamar dinanti-natiin. Dan sifat anak demikian, dalam skala terkecil pun suka terbawa saat liburan. Demikian pula si Kakak sama si Ade.

Tahun lalu si Ayah punya ide. Liburan barengan sering, kenapa gak coba liburan sama si Ayah doang. Seru kali ya.

Si Ayah melihat beberapa benefit Liburan tanpa Ibu

  1. Si Ayah bisa lebih dekat dengan anak-anak gadisnya, secara anak cewek naluriah deket banget sama ibunya
  2. Si Ayah bisa menanamkan ajaran kehidupan dari sudut pandang cowok ke anak gadis dengan lebih lepas. Contoh tergampang bagaimana keberanian anak perempuan juga bisa muncul ketika masuk ke gua gelap kecil dan basah.
  3. Anak-anak diajari untuk ekspresif mengutarakan apa yang dirasa selama wisata dengan beragam warna emosi. Seru, takut , ngeri, lucu, panik.
  4. Anak-anak bisa bermaen eksplor wisata sebebasnya, sepuasnya, secapeknya, pergi pagi pulang larut tanpa mengkhawatirkan kondisi ibu yang sangat logis jika mudah lelah. Seorang ibu akan sangat kuat menerima beban rumah tangga – anak, masak, cuci dll, tapi ketika diajak bermain tentu ada batasnya. Tiga tempat wisata dalam satu hari, misalnya.
  5. Memberi ruang buat si Ibu setahun sekalu untuk refreshing , me time dengan kegiatan yang dia sukai termasuk bersama teman-temannya, tanpa dibebani pikiran tentang anak.

Dengan persetujuan bersama, terutama ijin si Ibu, kita mulai wisata secapeknya itu tahun lalu, di Malang. Sembilan hari. Alhamdulillah. Seru banget. Anak-anak happy. Dan itu diulangi liburan akhir tahun ini. Di Yogyakarta. Sekalian nengok dan ngajak refreahing si Kakak di tengah kesibukan nyusun skripsi. Dan kini, liburan secapeknya itu lebih panjang. Dua belas hari.

Dan hasil liburan itu anak-anak mendapatkan kegembiraan lain, yang berbeda-beda nuansa. Tapi jelas, mereka bahagia.

Meski

….. Kulit Ayah menjadi eksotis a.k.a gosong bin tutung 😎

Mau ikut jejak si Ayah?

#adedanayah #kakakdanayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *